5 Februari 2011

Stasiun Pengisian Bensin - catatan tentang persinggahan

Jika Allah sudah menentukan kehendaknya, tak ada yang bisa mengkompromikannya.
Beberapa hari ini saya mendengar berita duka dari kematian dua pria muda yang dari kacamata saya begitu nampak sehat dan menyenangi olah raga, yang terbaru adalah wafatnya Adjie Massaid yang meninggal saat usai bermain olah raga futsal. Beberapa hari sebelumnya, saya mendapat berita dari sebuah milis yang saya ikuti tentang kesehatan pria bahwa salah satu finalis kontes pencarian model sampul majalah meninggal karena sakit di usia muda, dalam bayangan saya seorang yang bisa berada di posisi finalis sebuah kontes pencarian pria sehat pasti memiliki gaya hidup sehat dan rutin mengunjungi pusat kebugaran. Saya jadi teringat akan teman sebangku saya waktu SMP kelas 1 dulu, umur kami sekitar 12 tahunan, saya baru mengenalnya, kami berbagi meja dan buku selama di kelas, sampai akhirnya beberapa hari kemudian dia tidak masuk dan ada berita bahwa dia meninggal karena sakit. Begitupun seorang teman seruangan saya di kantor yang meninggal dalam posisi duduk saat beristirahat usai bermain tenis meja. Semua kepergian itu begitu mengejutkan, mendadak dan tidak disangka sebelumnya bahwa waktunya begitu cepat dan begitu dekat, itulah misteri kematian, hanya Allah yang tahu, yang pasti semua yang bernyawa konsekuensinya adalah mati.
Terkadang kematian membuat kita yang sedang mengantri juga menjadi lalu bertanya-tanya, bagaimana bisa, seorang dengan gaya hidup yang terlihat begitu sehat bisa meninggal di usia muda, lalu bagaimana dengan kita yang gaya hidupnya seadanya saja, makan apapun yang disukai lidah, olah raga hampir mustahil dan rokok selalu full stock, padahal salah satu tujuan orang menjalani gaya hidup sehat adalah untuk mendapat panjang umur, bahkan saya sempat membaca sebuah artikel di majalah yang judulnya adalah kurang lebih: 100 cara menjadi panjang umur, isi artikelnya begitu menuntut kita untuk menjalani gaya hidup layaknya seorang altit, intinya adalah bagaimana menjaga fungsi organ dalam tubuh kita, seperti jantung, hati, limpa, ginjal, dengan segala teori yang dikemukakan oleh ahli yang dikutip di artikel itu.
Well, semua bentuk gaya hidup sehat itu adalah usaha yang dapat kita lakukan supaya kita bisa menjalani hidup dengan energi yang lebih baik. Dengan gaya hidup sehat tubuh akan terasa lebih segar dalam menjalankan segala aktifitas termasuk ibadah dan bekerjapun menjadi lebih bersemangat. Masalah hidup dan mati biarlah menjadi tugas Allah saja yang mengetahui jadwalnya, bagaimanapun juga yang terpenting bukan kuantitas dari umur kita, tapi kualitas dari umur kita, saya ingat sebuah perumpamaan bahwa dunia hanya ibarat tempat mengisi bensin, untuk bekal kita melanjutkan ke kehidupan yang lebih abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar